Rangkaian Pengusir Tikus

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Rangkaian Pengusir Tikus – Tikus adalah binatang yang sangat menjengkelkan, sebab kadangkala merusak barang-barang simpanan kita berupa arsip yang masih berharga, termasuk buku-buku/majalah elektronika plus gambar skema koleksi saya rusak tuh dibantai sang tikus.

Tikus memang sangat mengganggu. Gangguannya mulai dari bunyi berisik di plafon rumah, aroma tak sedap, sampai remah-remah sisa makanan yang dibuangnya. Yang lebih berbahaya lagi, kotoran dan penyakit yang disebarkan hewan yang aktif di malam hari ini.

Membasmi tikus terkadang agak sulit. Pasalnya, hewan ini cukup cerdik dan curiga terhadap racun dan jebakan. Ditambah lagi kecepatan reproduksinya yang bisa membuat jumlahnya cepat berlipat ganda. Kalau dibiarkan, tikus akan membentuk koloni.

Untuk mengusir gangguan tersebut dapat dibuat sebuah rangkaian elektronika, yakni Rangkaian Pengusir Tikus, seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Tikus

Gambar Skema Rangkaian Pengusir Tikus

Daftar Komponen :
Resistor :
R1                            =   1K8
R2                            =   1K
R3                            =   5K6
R4                            =   480
Kapasitor :
C1                            =   2,2nF
C2                            =   0,022uF/6V
Semikonduktor :
IC                             =   tipe 555
Tr                             =   tipe SC1162
LS                            =   speaker berimpedansi 4 Ohm

Pada umumnya kegunaan utama dari rangkaian ini adalah untuk menghalau tikus yang berkeliaran dan merusak segala sesuatu di rumah. Untuk speakernya, kalau bisa, usahakanlah memakai speaker bekas telepon yang telah tidak digunakan atau dapat menggunakan speaker bekas headphone tipe kristal.

Apabila Rangkaian Pengusir Tikus  sudah jadi maka akan mengeluarkan getaran sinyal frekuensi sebesar 50 kHz. Dengan frekuensi 50 KHz yang dihasilkan oleh rangkaian tersebut dijamin tikus-tikus akan berlarian karena telinganya akan merasa sakit akibat getaran sinyal frekuensi tersebut.

Saling Berbagi Informasi

Speak Your Mind

*