Rangkaian Konverter DC Ke DC

By On Saturday, June 15th, 2013 Categories : Rangkaian Elektronika

Tegangan searah (DC) pada sistem tenaga listrik saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini dapat kita ditemui pada berbagai macam peralatan rumah tangga di sekitar kita. Salah satu aplikasi yang berhubungan dengan tegangan searah (DC) tersebut adalah konverter DC ke DC. Dengan rangkaian konverter DC ke DC ini kita bisa membuat dan memiliki  konverter DC ke DC yang bisa digunakan untuk menyuplai sistem catu daya di dalam mobil.

Rangkaian Konverter DC ke DC merupakan salah satu jenis rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengkonversi tegangan masukan searah konstan menjadi tegangan keluaran searah yang dapat divariasikan berdasarkan perubahan duty cycle rangkaian kontrolnya. Sumber tegangan DC dari konverter DC ke DC dapat diperoleh dari baterai, atau dengan menyearahkan sumber tegangan AC yang kemudian dihaluskan dengan filter kapasitor untuk mengurangi riak (ripple). Secara garis besar, konverter DC ke DC dibagi menjadi 2 macam, yaitu tipe linier dan tipe peralihan (switching).  Berikut ini kami sajikan gambar skemanya untuk bahan pembelajaran Anda yang ingin dan sedang menekuni dunia elektronika.

Gambar Skema Rangkaian Konverter DC ke DC

Gambar Skema Rangkaian Konverter DC ke DC

 

Rangkaian Konverter DC ke DC di atas adalah konverter DC ke DC untuk power amplifier mobil. Input 12V menghasilkan output +30 V dan30V untuk preamp atau power amplifier. Rangkaian ini menggunakan IC SG3525, MOSFET dan switching power supply.

Rangkaian Konverter DC Ke DC | eko_rudiawan | 4.5
Inline
Inline