Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana

By On Friday, June 28th, 2013 Categories : Rangkaian Elektronika

Apakah anak-anak Anda meninggalkan pintu kulkas terbuka? Atau apakah Anda sendiri tidak menutup pintu kulkas dengan benar ketika Anda meninggalkannya? Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana adalah rangkaian sederhana yang berbunyi setiap kali pintu kulkas terbuka untuk jangka waktu tertentu. Adapun bunyi alarm ini dimaksudkan untuk memberi peringatan pada Anda dengan keadaan pintu kulkas. Bukannya apa-apa, jika pintu kulkas sering terbuka bisa menimbulkan beberapa masalah, terutama pemborosan energi.

Sobat, jika pintu kulkas terbuka tidak hanya aliran udara hangat yang masuk yang harus di-dinginkan, hal tersebut juga meningkatkan kelembaban di dalam alat, yang menyebabkan terbentuknya es. Hal ini membawa pada tagihan listrik yang lebih tinggi. Akibat buruk lainnya adalah peningkatan kerusakan makanan dan penumpukan energi. Nah, di bawah ini kami tampilkan gambar skema Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana.

Gambar Skema Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana

Gambar Skema Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana

Fotosel memiliki ketahanan yang sangat tinggi dalam gelap dan turun sangat rendah ketika pintu terbuka dan lampu menyala. Kapasitor 22 uF mulai mengisi dan ketika tegangan mencapai tegangan zener, beeper pun bersuara. Menutup pintu memungkinkan kapasitor untuk debit melalui resistor 10 meg, mereset beeper tersebut. Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana ini menarik daya yang sangat sedikit ketika pintu tertutup dan hanya menarik arus yang signifikan ketika beeper terdengar. Transistor yang digunakan adalah NPN Darlington tunggal seperti MPSA14 atau dua 2N4401 terhubung seperti yang ditunjukkan. Jenis lain juga akan bekerja. Penundaan dapat diubah dengan mengubah nilai dari kapasitor. Ini mungkin ide yang baik untuk menambahkan kapasitor 10 uF melewati baterai.

Rangkaian Alarm Pintu Kulkas Sederhana | eko_rudiawan | 4.5
Inline
Inline