Pengertian Dan Fungsi Resistor

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Pengertian dan fungsi resistor merupakan pembahasan kita kali ini. Resistor adalah komponen dasar elektronika yang berfungsi utama sebagai penahan arus sementara sebelum diproses dan disalurkan pada komponen lainnya dalam sebuah rangkaian.  Resistor oleh sebagian orang disebut restan yang artinya penahan sesuatu.  Bahkan ada lagi yang menyebut resistor dengan sebutan tahanan.

Resistor merupakan komponen elektronika terbanyak yang dipasang atau dipakai pada benda-benda elektronika.  Selain harganya yang relatif lebih murah dibanding komponen lainnya, resistor paling gampang didapat di pasaran.  Betapa pentingnya resistor dalam dunia elektronika.

Resistor 1.1

Fungsi resistor dalam sebuah rangkaian cukup banyak. Fungsi resistor itu diantaranya adalah :

  1. Sebagai pembagi arus.
  2. Sebagai penghambat aliran arus listrik.
  3. Sebagai pembatas / pengatur arus.
  4. Sebagai penurun tegangan.
  5. Sebagai pembagi tegangan, dan lain-lain.

Selain mengetahui fungsi resistor, Anda pun harus mengetahui jenis-jenis resistor. Ada beberapa jenis resistor, antara lain ; fixed restan (tahanan tetap), resistor variabel dan potensiometer.  Ketiga resistor tersebut pada dasarnya mempunyai sifat sama, yakni menahan arus listrik sementara. Dalam penahanan sementara ini arus bisa diperkecil atau sebaliknya sesuai dengan besar dan kecilnya nilai resistor. Tetapi pada resistor variabel dan potensiometer memiliki kelebihan karena nilai tahanannya dapat dirubah.

Resistor 1.2

Berdasarkan jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya, resistor dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain resistor kawat, resistor arang, resistor oksida logam, resistor film, resistor karbon, dan banyak lagi jenis lainya. Namun dalam praktek perdagangan di pasaran, resistor hanya dibedakan menjadi resistor tetap (fixed resistor) dan resistor tidak tetap (variable resistor).

Itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Dan Fungsi Resistor.  Semoga dengan membaca artikel bersahaja ini bisa menambah wawasan Anda tentang elektronika, khususnya resistor.

Saling Berbagi Informasi

Speak Your Mind

*